- Home>
- Konsep Kerja PBX Pada Server Softswitch
Posted by : Unknown
Senin, 23 Januari 2017
Apa itu PBX ? PBX atau kepanjangan
dari private branch exchange adalah penyedia layanan telepon
yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan
menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau
jaringan telepon dari perusahaan ke jaringan perusahaan lainnya di area yang
lebih luas sehingga dapat tercakup oleh publik. PBX menghubungkan jaringan
telepon dengan jaringan lokal dengan trunk.
Trunk adalah penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office. Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan lain-lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk.
Awalnya, keuntungan utama dari sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada panggilan di karenakan tidak menggunakan pulsa dan menghindari tabrakan jaringan telepon internal dalam suatu tempat. Dari sini PBX mulai dikembangkan dan menjadi populer.
Trunk adalah penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office. Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan lain-lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk.
Awalnya, keuntungan utama dari sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada panggilan di karenakan tidak menggunakan pulsa dan menghindari tabrakan jaringan telepon internal dalam suatu tempat. Dari sini PBX mulai dikembangkan dan menjadi populer.
B. Proses Kerja PBX Server Softswitch
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP dan secara
opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa
software. Fungsi IP PBX mirip dengan cara kerja proxy server, Sebuah software contohnya
softphone mendaftar ke IP PBX dan ketika mengalami panggilan secara otomatis
semua sistem itu akan terhubung pada IP PBX dan IP PBX memiliki daftar semua
ponsel sesuai SIP. Mereka dapat berhubungan dengan rute jaringan internal dan
menggunakan gateway VoIP.
C. Perbedaan Antara PBX dengan PABX
PBX
Sistem telepon yang
lengkap yang menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP. Semua
percakapan akan dikirim sebagai paket data melalui jaringan. Teknologi ini
mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan keleluasaan
dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang diinginkan semua perusahaan.
Sedangkan
PABX
PABX kepanjangan dari
Private Automatic Branch eXchange yaitu perangkat yang berfungsi sebagai
Pemusatan telepon, dalam suatu lokasi tertentu, misalnya : kantor, gedung,
perumahan, dll. Perangkat PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta
meneruskan panggilan ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah
melakukan penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya
(nomor extension atau nomer rumah).
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
IP PBX
IP PBX atau
Internet Protocol Private Branch Exchange adalah PABX yang menggunakan
teknologi IP.
IP PBX adalah perangkat switching komunikasi telepon dan data berbasis
teknologi Internet Protocol (IP) yang mengendalikan ekstension telepon analog
(TDM) maupun ekstension IP Phone. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan antara
lain penyambungan, pengendalian, dan pemutusan hubungan telepon; translasi
protokol komunikasi; translasi media komunikasi atau transcoding; serta
pengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi seperti VoIP Gateway, Access
Gateway, dan Trunk Gateway.
Solusi
berbasis IP PBX merupakan konsep jaringan komunikasi generasi masa depan atau
dikenal dengan istilah NGN (Next Generation Network) yang dapat
mengintegrasikan jaringan telepon konvensional (PSTN/POTS), jaringan telepon
bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan Cordless (DECT), dan
jaringan berbasis paket (IP/ATM).
IP
PBX membawa kemampuan multilayanan di jaringan IP ke dunia komunikasi teleponi,
sehingga akan memungkinkan semakin banyak layanan komunikasi yang dapat
berjalan di atas jaringan IP. Multilayanan tersebut adalah Voicemail &
Voice Conference, Interactive Voice Response (IVR), Automatic Call Distribution
(ACD), Computer Telephony Integration (CTI), Unified Messaging System (UMS),
Fax Server & Fax on Demand, Call Recording System, Billing System, serta Web-based
Management System.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus